Senin, 01 Oktober 2012

Mitos-mitos Seputar Asuransi Jiwa

JAKARTA, KOMPAS.com — Memiliki asuransi saat ini memang sudah menjadi kebutuhan. Ada beberapa mitos seputar asuransi jiwa yang harus Anda ketahui agar bisa lebih bijak sebelum memutuskan untuk membeli.

1. Orang muda tidak perlu asuransi jiwa
Tidak ada yang tahu berapa umur kita akan berhenti. Meski masih muda, kita tidak bisa memastikan apakah tidak ada kerugian yang terjadi ketika meninggal dunia. Mungkin saja di saat muda atau lajang kita meninggalkan utang kartu kredit atau paling tidak uang pengobatan rumah sakit ketika mengalami sakit parah sebelum meninggal.
Bagi yang memiliki keluarga yang pas-pasan, asuransi jiwa juga bisa membantu keluarga dari yang ditinggalkan tersebut. Kemudian, ketika Anda mengambil dan membeli asuransi jiwa pada saat masih muda, hal ini akan membuat Anda bisa mendapatkan premi dengan biaya paling rendah.

2. Harga asuransi jiwa terlalu mahal
Biaya premi asuransi jiwa beragam, tergantung pada kemampuan Anda. Tersedia berbagai pilihan yang bisa Anda beli. Faktor usia dan kemapanan akan menentukan berapa biaya premi yang Anda bayar. Selain itu, Anda bisa memilih sistem per tahun atau sistem per bulan dan nilai tersebut fleksibel, bisa Anda tambah sesuai dengan kemampuan pendapatan Anda.

3. Kebijakan asuransi jiwa semuanya sama
Hal ini yang perlu Anda cermati bahwa produk asuransi jiwa bisa berbeda-beda dan memiliki kelebihan-kekurangan sendiri. Maka dari itu, ketika Anda akan membeli suatu produk asuransi jiwa, tidak hanya harga yang dilihat, tetapi juga poin-poin ketentuan mengenai asuransi jiwa tersebut.

4. Ibu rumah tangga tidak butuh asuransi
Faktanya tidak seperti itu. Ketika suami Anda meninggal dunia maka dengan adanya asuransi jiwa, kebutuhan Anda masih bisa dipenuhi walau pasangan Anda tidak ada lagi untuk mencukupi kebutuhan Anda mengenai sandang, pangan, rumah, dan sebagainya.

5. Beli asuransi jiwa itu ribet
Sekarang tidak seperti itu lagi karena para agen asuransi sudah akan mendatangi Anda dan menjelaskan mengenai detailnya kepada Anda. Jika Anda masih bingung dan memiliki pertanyaan, tak perlu sungkan untuk menanyakannya. Oleh karena itu, Anda tidak perlu repot. Selain itu, Anda bisa mengakses situs resmi pihak asuransi yang akan Anda gunakan.
Nah, dengan mengetahui mitos dan fakta seputar asuransi jiwa di atas, mungkin timbul pertanyaan di benak Anda. Kalau begitu, produk asuransi jiwa mana yang paling tepat untuk digunakan?



Sumber: http://lipsus.kompas.com/cerdasberasuransi/read/2012/10/18/07280941/Mitosmitos.Seputar.Asuransi.Jiwa
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar:

Terimakasih telah berkunjung. Silakan meninggalkan komentar, bertanya, atau menambahkan materi yang telah saya sediakan.