Sabtu, 13 Oktober 2012

Risiko yang Dijamin dan Dikecualikan dalam Asuransi Kendaraan Bermotor

Dalam bagian ini akan dijelaskan mengenai risiko yang dijamin dan dikecualikan dalam Asuransi Kendaraan Bermotor. 

Psl 1 :  Pertanggungan ini menjamin :
1.            Kerugian atau kerusakan pada kendaraan bermotor dan atau kepentingan yang dipertanggungkan yang secara langsung disebabkan oleh :
1.1.  tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, terperosok;
1.2.  perbuatan jahat;
1.3.  pencurian, termasuk pencurian yang didahului atau disertai atau diikuti dengan kekerasan ataupun ancaman kekerasan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 362, 363 ayat (3), (4), (5) dan Pasal 365 Kitab Undang-undang Hukum Pidana;
1.4.kebakaran, termasuk :
1.4.1  kebakaran akibat kebakaran benda lain yang berdekatan atau tempat penyimpanan  kendaraan bermotor;
1.4.2  kebakaran akibat sambaran petir;
1.4.3  kerusakan karena air dan atau alat-alat lain yang dipergunakan untuk mencegah atau memadamkan kebakaran;
1.4.4  dimusnahkannya seluruh atau sebagian kendaraan bermotor atas perintah pihak yang berwenang dalam upaya pencegahan menjalar-nya kebakaran itu.
2.      Kerugian atau kerusakan yang disebabkan oleh peristiwa yang tersebut dalam ayat (1) Pasal ini selama kendaraan bermotor yang bersangkutan berada diatas kapal untuk penyeberangan yang berada di bawah pengawasan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, termasuk kerugian dan atau kerusakan yang diakibatkan alat angkut bersangkutan mengalami kecelakaan.
Psl 18 : Biaya wajar yang dikeluarkan oleh Tertanggung, jika terjadi kerugian atau kerusakan akibat risiko yang dijamin, untuk penjagaan, pengangkutan atau penarikan ke bengkel atau tempat lain guna menghindari atau mengurangi kerugian atau kerusakan
Ganti rugi atas biaya tersebut setinggi-tingginya  sebesar 0,5% (setengah persen) dari Harga Pertanggungan kendaraan.Pembayaran terhadap biaya tersebut, tidak dikurangi dengan  Risiko Sendiri. 
Psl 2 :  JAMINAN TAMBAHAN : Tanggung Jawab Hukum Terhadap Pihak Ketiga
Penanggung memberikan penggantian kepada Tertanggung atas :
RISIKO YANG DIKECUALIKAN
Risiko yang dikecualikan digolongkan dalam 4 golongan besar, yaitu :
      Penyebab Kerugian (Peril 1)
      Penyebab Kerugian (Human Aspect)
      Bentuk kerugian atau kerusakan
      Konsekwensi dari suatu kerugian (Consequential Loss)
     
Penyebab Kerugian (Peril 1)
1.      Pertanggungan ini tidak menjamin kerugian, kerusakan, biaya atas kendaraan bermotor dan atau tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga, yang disebabkan oleh:
1.1. kendaraan digunakan untuk :
1.1.1.      menarik atau mendorong kendaraan maupun benda lain, memberi pelajaran mengemudi;
1.1.2.      turut serta dalam perlombaan, latihan, penyaluran hobi kecakapan atau kecepatan, karnaval, pawai, kampanye, unjuk rasa;
1.1.3.      melakukan tindak kejahatan;
1.1.4.      penggunaan selain dari yang dicantumkan  dalam Polis.
1.2. penggelapan, penipuan, hipnotis dan sejenisnya;
1.3. perbuatan jahat yang dilakukan oleh :
1.3.1.   Tertanggung sendiri;
1.3.2.   Suami atau istri, anak, orang tua dan saudara sekandung Tertanggung; 
1.3.3.   orang yang disuruh Tertanggung, bekerja pada Tertanggung, orang yang sepengetahuan atau seizin Tertanggung;
1.3.4.   orang yang tinggal bersama Tertanggung;
1.3.5.   pengurus, pemegang saham, komisaris atau pegawai, jika Tertanggung merupakan badan hukum;
1.4. kelebihan muatan dari kapasitas kendaraan yang telah ditetapkan pabrikan.
2.      Pertanggungan ini tidak menjamin kerugian dan atau kerusakan kendaraan bermotor atau biaya yang langsung maupun tidak langsung disebabkan oleh, akibat dari, ditimbulkan oleh:
2.1. Barang dan atau hewan yang sedang berada di dalam, dimuat pada, ditumpuk di, dibongkar dari atau diangkut oleh kendaraan bermotor yang dipertang-gungkan.
2.2. Zat kimia, air atau benda cair lainnya, yang berada di dalam kendaraan bermotor   yang dipertanggungkan kecuali merupakan akibat dari risiko yang dijamin Polis;
3.      Pertanggungan ini tidak menjamin kerugian, kerusakan dan atau biaya atas kendaraan bermotor dan atau tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga yang langsung maupun tidak langsung disebabkan oleh, akibat dari, ditimbulkan oleh :
3.1. kerusuhan, pemogokan, penghalangan bekerja, tawuran, huru-hara, pembangkitan rakyat, pengambil-alihan kekuasan, revolusi, pemberontakan, kekuatan militer, invasi, perang saudara, perang dan permusuhan, makar, terorisme, sabotase, penjarahan;
3.2. gempa bumi, letusan gunung berapi, angin topan, badai, tsunami, hujan es, banjir, genangan air, tanah longsor atau gejala geologi atau meteorologi lainnya;
3.3. reaksi nuklir, termasuk tetapi tidak terbatas pada radiasi nuklir, ionisasi, fusi, fisi atau pencemaran radio aktif, tanpa memandang apakah itu terjadi di dalam atau di luar kendaraan dan atau kepentingan yang dipertanggungkan.
Penyebab Kerugian (Human Aspect).
4.         Pertanggungan ini tidak menjamin kerugian, kerusakan dan atau biaya atas kendaraan bermotor dan atau tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga jika :
4.1. disebabkan oleh tindakan sengaja Tertanggung dan atau pengemudi;
4.2. pada saat terjadi kerugian atau kerusakan, kendaraan bermotor dikemudikan oleh seseorang yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
4.3. dikemudikan oleh seorang yang berada di bawah pengaruh minuman keras, obat terlarang atau sesuatu bahan lain yang membahayakan;
4.4. dikemudikan secara paksa walaupun secara teknis kondisi kendaraan dalam keadaan rusak atau tidak laik jalan;
4.5. memasuki atau melewati jalan tertutup, terlarang, tidak diperuntukkan untuk kendaraan bermotor atau melanggar rambu-rambu lalu-lintas.
Bentuk kerugian atau kerusakan.
5.         Pertanggungan ini tidak menjamin kerugian dan atau kerusakan atas :
5.1. perlengkapan tambahan yang tidak disebutkan dalam Polis;
5.2. ban, velg, dop yang tidak disertai kerusakan pada bagian lain kendaraan bermotor kecuali yang  disebabkan oleh risiko yang dijamin pada Pasal 1 ayat (1) butir 1.2, 1.3, 1.4.
5.3. kunci dan atau bagian lainnya dari kendaraan bermotor pada saat tidak melekat atau berada di dalam kendaraan tersebut;
5.4. bagian atau meterial kendaraan bermotor yang aus karena pemakaian, sifat kekurangan material sendiri atau salah dalam menggunakannya;
5.5. Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) dan atau surat-surat lain kendaraan bermotor.
Konsekwensi dari suatu kerugian (Consequential Loss).
6.      Pertanggungan ini tidak menjamin tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga yang secara langsung atau tidak langsung disebabkan oleh kendaraan bermotor yang dipertanggungkan atas :
6.1. kerusakan atau kehilangan harta benda yang diangkut, dimuat atau dibongkar dari kendaraan bermotor yang dipertanggungkan;
6.2. kerusakan jalan, jembatan, viaduct, bangunan yang terdapat di bawah, di atas, di samping jalan sebagai akibat dari getaran, berat kendaraan bermotor atau muatannya.
7.     Pertanggungan ini tidak menjamin  kehilangan keuntungan, upah, berkurangnya harga atau kerugian keuangan lainnya yang diderita Tertanggung.
Previous Post
Next Post

post written by:

6 komentar:

  1. Kalau kasus kejatuhan pohon seperti gambar di atas dijamin tidak pak?

    BalasHapus
  2. Tergantung kasusnya pak. Saya mengandaikan itu terjadi karena badai. Jika Anda memilih perluasan angin topan, hujan es, dst, maka risiko tersebut di atas dapat dijamin.
    Terimakasih sudah berkunjung.

    BalasHapus
  3. Pak, kalau ada rental clause. dan kendaraan dibawa kabur oleh penyewa apa itu dicover? thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanpa rental clause pun, jika motor dicover dengan asuransi maka itu dapat dicover.

      Hapus
  4. Bisa tolong dijelaskan mengenai FLEXAS ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Flexas adalah singkatan dari Fire, Lightening, Explosion, Aircraft damage, and Smoke.

      Hapus

Terimakasih telah berkunjung. Silakan meninggalkan komentar, bertanya, atau menambahkan materi yang telah saya sediakan.