Home » , » Strategi Pemasaran Produk Asuransi

Strategi Pemasaran Produk Asuransi

Written By Afrianto Budi on Senin, 01 Oktober 2012 | 23.13

Strategi Pemasaran Produk Asuransi merupakan suatu bentuk aktivitas penjualan yang saat ini masih banyak diminati masyarakat. Arti sebenernya dari asuransi adalah perlindungan nilai ekonomi seseorang atau kumpulan (corporate). Arti lain dari Asuransi juga bisa diartikan, penggantian sebagian bahkan keseluruhan akibat adanya suatu kerugian baik itu jiwa atau material yang dialami oleh individu atau kumpulan.

Strategi Pemasaran Produk Asuransi
adalah sama dengan anda menawarkan produk yang bersifat maya atau tidak tampak, seperti : produk dana pasar uang, produk Obligasi dan produk Saham, mengapa demikian?. Karena asset tidak berwujud ini sama-sama memiliki kekurangan yakni besaran nilai uang yang tidak bisa dipprediksi secara konsisten dimasa yang akan datang. Inilah yang menyebabkan anda tidak bisa asal-asalan dalam melakukan penjualan produk-produk diatas termasuk produk Asuransi.

Strategi Pemasaran Produk Asuransi tersebut antara lain:
  1. Pelajarilah terlebih dahulu produk Asuransi secara baik dan konsisten. Artinya jumlah produk Asuransi banyak sekali jenisnya. Dan tidak mungkin anda menguasai dalam sekali belajar. Centanglah bagian-bagian yang anda tidak mengerti, selanjutnya jangan malu untuk bertanya.
  2. Buatlah Daftar nama-nama yang akan anda kunjungi. Artinya, cukup anda membuat daftar nama sebanyak 20 orang saja lengkap dengan data penunjangnya, dan syukur-syukur bisa lebih. Mulailah dari yang anda kenal dulu seperti : nama saudara anda, teman dekat, saudara pacar anda mungkin, he..he.., dan sahabat.
  3. Siapkan proposal ilustrasi produk yang akan anda jual.
  4. Buatlah janji terlebih dahulu. Artinya, anda bisa menggunakan telepon untuk membuat janji. Bisa juga anda langsung berkunjung atau bermain-main ketempat calon prospek yang anda kenal, tapi kalau tidak ketemu, anda bisa langsung mengunjungi calon prospek lainnya.
  5. Lakukanlah aktivitas Prospek ini sehari minimal 2 atau 3 kali. Artinya anda jangan terpaku dengan jumlah 2 atau 3 ini. Bisa juga anda melakukan kunjungan dalam sehari lebih dari 3 kali. Sehingga kesempatan untuk bertemu dengan calon prospek akan lebih besar.
  6. Anda juga bisa melakukan prospek dengan menggunakan dunia online, seperti : chatting, facebook, frenster dan telepon itu sendiri. Artinya, mungkin ada dari anda yang sudah mempunyai teman online. Anda bisa membahas produk Asuransi ini dengan gaya anda masing-masing.
  7. Jagalah kondisi Kesehatan badan anda. Artinya asupan gizi jangan sampai kelewat. Bila anda melakukan aktivitas door to door, Karena kondisi cuaca yang tidak menentu, debu, dan asap kendaraan bisa membuat anda gampang sekali sakit.
  8. Apabila anda berhadapan langsung dengan calon prospek yang anda kenal. Jangan langsung anda menerangkan produk asuransi. Mengobrollah terlebih dahulu, dalam obrolan tersebut paparkan sekilas saja produk asuransi anda. Berikan wawasan akan pentingnya berasuransi. Mintalah referensi nama-nama dari saudara anda, sehingga bank data anda semakin hari semakin bertambah banyak.
  9. Berikan dan paparkan gambaran ilustrasi produk secara menyeluruh.
  10. Setelah anda menjelaskan dan memaparkan produk. Berikan kesempatan pada calon anda untuk bertanya dan berargumen.
  11. Lakukan kunjungan ulang secara konsisten.
  12. Jika mengalami kesulitan di lapangan, anda bisa mengajak senior anda untuk saling berbagi pengalaman. 


0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih telah berkunjung. Silakan meninggalkan komentar, bertanya, atau menambahkan materi yang telah saya sediakan.

Ayo! Gabung di sini dan kuliah online bersama Akademi Asuransi secara gratisss...
Silahkan masukkan alamat email anda di bawah ini kemudian klik subscribe!

Setelah itu cek email Anda untuk melakukan konfirmasi (klik link aktivasi).


Google Yahoo Bing