Sabtu, 03 November 2012

Underwriting dan Underwriter

Dalam sebuah usaha asuransi, maka anda akan mengenal sebuah istilah Underwriting. Dalam pemahaman saya, underwriting adalah sebuah proses identifikasi dan seleksi resiko dari calaon tertanggung yang mengasuransikan dirinya di sebuah perusahaan asuransi.

Individu yang melakukan proses underwriting adalah seorang underwriter. Underwriting muncul karena adanya beberapa faktor yang mendasari. Salah satu diantaranya adalah sebuah usaha agar calon tertanggung mendapatkan beban premi yang sesuai dengan resiko yang di milikinya dengan kata lain ada keadilan dalam pembebanan premi. Selain itu, pembebanan premi harus tidak merugikan perusahaan asutransi. Coba bayangkan ketika tidak ada underwriting dalam perusahaan asuransi, tertanggung dengan resiko tinggi bisa dengan mudahnya mendapatkan perlindungan asuransi dengan beban premi standar padahal jika terjadi resiko akan sangat merugikan perusahaan.

Penambahan atau pengurangan premi karena adanya proses underwriting sering dinamakan sebagai proses rating. Orang dengan resiko yang standar atau tidak memiliki kecendrungan untuk merugikan perusaahaan dalam waktu yang relatif pendek akan dikenakan rating standar atau tidak ada penambahan premi untuk resikonya. Sedang kan orang dengan tingkat resiko diatas standar akan masuk kedalam kelas Substandar yang akan dikenakan premi lebih tinggi dari premi standar. Untuk case dimana individu tidak merokok dan memiliki resiko rata-rata maka dia akan dimasukkan kedalam Super preferred class yang dalam bahasa umum dikenakan premi lebih rendah dari premi standar.

Jenis-jenis resiko pun dapat di kelompokkan dalam beberapa jenis diantaranya : Resiko pekerjaan, resiko kesehatan, Resiko karena hobby yang disukai ataupun resiko karena daerah yang ditempati. Bagaimanapun juga jenis-jenis resiko ini membantu seorang underwriter untuk melakukan klasifikasi resiko dari calon tertanggung. 
 
 
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar:

Terimakasih telah berkunjung. Silakan meninggalkan komentar, bertanya, atau menambahkan materi yang telah saya sediakan.