Sabtu, 15 Desember 2012

Premi Asuransi Kendaraan Bermotor Capai Rp8,75 Triliun

JAKARTA-Premi asuransi kendaraan bermotor yang dihimpun industri asuransi umum sepanjang periode Januari - September 2012 mencapai Rp8,75 triliun, tumbuh 15% dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

Di periode sama tahun lalu, premi asuransi kendaraan bermotor yang dihimpun industri mencapai Rp7,61 triliun. Mengacu data AAUI, meskipun tetap naik, namun laju pertumbuhan tersebut melambat jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Pada Januari - September 2010, pertumbuhan premi asuransi kendaraan bermotor mencapai 30,8% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Pada Januari - September 2011, laju pertumbuhan menjadi 17,3%.

Ketua Bidang Statistik Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Budi Herawan menuturkan penetapan aturan modal minimal (down payment/DP) kredit kendaraan bermotor pada pertengahan tahun ini berdampak terhadap pertumbuhan premi di triwulan III.

Akibatnya, pertumbuhan premi tidak sesuai prediksi awal yakni sekitar 20%. Di sisi lain, terjadi perubahan komposisi perolehan premi dari segmen bisnis baru dan segmen bisnis lanjutan (renewal).

“Komposisi antara bisnis baru dan renewal sebesar 65:35. Harusnya bisa lebih dari itu. Karena aturan DP, jadi lebih sedikit yang baru [premi bisnis baru]," ujarnya dalam konferensi pers kinerja triwulan III hari ini (14/12).

Asuransi kendaraan bermotor tetap menjadi lini usaha dengan kontribusi tertinggi terhadap bisnis asuransi umum. Sampai dengan Q3/2012, pangsa pasar asuransi umum mencapai 30,7% dari keseluruhan bisnis asuransi umum. (yus)

sumber: Bisnis
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar:

Terimakasih telah berkunjung. Silakan meninggalkan komentar, bertanya, atau menambahkan materi yang telah saya sediakan.