Rabu, 02 Januari 2013

Tips Menjadi Seorang Marketing Asuransi di Tahun 2013

Tahun 2013 sudah datang. Di awal tahun, perusahaan Anda tentunya sudah mengantongi target produksi yang harus dicapai. Tentu target produksi tahun ini akan semakin tinggi dari tahun sebelumnya. Padahal, belum tentu permintaan bisnis baru akan sebanding dengan target tersebut. Mengambil bisnis tetangga dengan strategi marketing yang bagus mungkin akan menjadi salah satu strategi bisnis untuk menyiasati terbatasnya sumber premi asuransi. Meski demikian, kita harus melakukan berbagai pembenahan internal yang diperlukan agar kinerja Anda sebagai marketing semakin berkembang. 

Berikut beberapa tips yang boleh kita lakukan untuk menjadi seorang marketing yang sukses di tengah kompetisi yang semakin sengit di tahun 2013 ini:

1. Perbaiki penampilan
Kalau Anda adalah orang yang berpakaian dan berbusana apa adanya, Anda harus mulai memperbaiki penampilan Anda. Tertanggung asuransi tidak hanya mereka ibu rumah tangga tetapi juga bos-bos besar yang hendak mengasuransikan aset perusahaan dan kekayaan mereka. Memperbaiki cara anda berbusana akan membuat klien Anda yakin dengan produk asuransi yang Anda tawarkan.

2. Tinggalkan HP usang Anda
Anda perlu melihat lagi apakah alat komunikasi, khususnya HP, yang Anda bawa ketika menemui klien Anda sudah usang atau ketinggalan. Klien Anda tentu akan lebih yakin pada penawaran Anda ketika alat komunikasi yang Anda gunakan untuk menghubungi mereka memang pantas dimiliki oleh seorang marketing dari perusahaan Asuransi terpercaya. Tablet maupun tab menjadi pilihan bagi Anda untuk menunjukkan bahwa Asuransi adalah sesuatu yang penting dan “mewah”.

3. Cetak ulang Kartu Nama Anda
Kalau Anda kehabisan kartu nama, segeralah membuatnya. Kartu nama yang lengkap, bagus, dan berkualitas sangat berguna bagi Anda dan klien Anda. Cetaklah dengan jumlah yang lebih banyak dari tahun 2012. Dengan melihat sisa kartu nama di akhir tahun, Anda bisa melihat seberapa banyak Anda bertemu dengan orang yang berhubungan dengan bisnis Anda. 

4. Bangun relasi dengan klien
Memasuki tahun 2013, tentu marketing akan kembali pada rutinitasnya yaitu mencari bisnis baru dan menhubungi klien atau tertanggung lama untuk perpanjangan asuransi. Bangun relasi dengan klien dengan sapaan-sapaan hangat sembari menawarkan produk asuransi lain. Membangun relasi dengan tertanggung menjadi bagian yang tak terpisahkan dari usaha utuk mempertahankan bisnis yang masih kita tangani. 

5. Perkuat komunikasi internal
Pada akhirnya, marketing adalah bagian yang tidak terpisahkan dengan departemen lain dalam asuransi, baik itu manajemen pusat, underwriting (teknik), klaim, finance, collection, dan seterusnya. Jika salah satu bagian dari supply chain atau rantai pasokan mengalami kendala, maka bagian-bagian yang lain akan mengalami kerugian. Dengan demikian, marketing harus menjalin komunikasi dan relasi yang baik dengan departemen-departemen tersebut. Komunikasi dan relasi dalam bentuk non-formal akan sangat mendukung dalam terciptanya sinergi dalam perusahaan Anda.


Anda punya tips lain? Masukkan tips Anda pribadi dalam kotak komentar! Sukses untuk Anda


Jakarta, 2 Januari 2013
Oleh: Afrianto Budi P, SS MM
Previous Post
Next Post

post written by:

1 komentar:

Terimakasih telah berkunjung. Silakan meninggalkan komentar, bertanya, atau menambahkan materi yang telah saya sediakan.