Senin, 25 Februari 2013

Asuransi Politik atau Political Risk Insurance

Anda pernah mendengar Asuransi Politik? Atau mungkin Anda bahkan bertanya bisakah politik diasuransikan? Kita tahu bahwa secara teknis, risiko politik tidak dapat diinsuransikan. Aktuaris ahli pun akan kesulitan menganalisis risiko politik karena politik memiliki sifat yang mudah berubah secara drastic dari kwatu ke waktu. Selain itu, jika risiko politik diasuransikan, hampir bisa ditebak bahwa risiko ini akan banyak ditolak oleh reasuransi. Tetapi nyatanya, asuransi politik itu ada. Karena itulah Asuransi Politik saya bahas di sini.


Pengertian Asuransi Politik

Tidak ada pengertian secara umum mengenai Risiko Politik (Political Risk- PR), sehingga tidak ada standar definisi Asuransi Risiko Politik. Dalam studi terbaru pada risiko politik, MIGA membuat definisi dari Asuransi Risiko Politik:

“Probability of disruption of operations of MNEs (Multi-National Enterprises) by political forces or events when they occur in host countries, home countries, or as a result from changes in the international environment. In host countries, political risk is largely determined by uncertainty over the actions of governments and political institutions, but also minority groups, such as separatist movements. In home countries, political risk may stem from political actions directly aimed at investment destinations, such as sanctions, or from policies that restrict outward investment.”

Dalam bahasa Indonesia, Asuransi Risiko Politik adalah kemungkinan gangguan operasi perusahaan multinasional oleh kekuatan politik atau peristiwa yang mereka alami di negara-negara tuan rumah, negara asal, atau sebagai akibat dari perubahan dalam lingkungan internasional. Di negara-negara tuan rumah, risiko politik sangat ditentukan oleh ketidakpastian atas tindakan pemerintah dan lembaga-lembaga politikm tetapi juga oleh kelompok minoritas, seperti gerakan separatis. Di negara asal, risiko politik mungkin berasal dari tindakan politikm secara langsung ditujukan untuk tujuan investasi, seperti sanksi atrau dari kebijakan yang membatasi investasi keluar. Definisi tersebut berfokus pada investasi lintas batas di negara-negara berkembang, di mana ketidakstabilan politik cenderung lebih tinggi.

Definisi MIGA tentang Political Risk Insurance: Asuransi Risiko Politik adalah alat bagi perusahaan untuk mengurangi dan mengelola risiko yang timbul dari tindakan yang merugikan - atau kelambanan - dari pemerintah. Sebagai alat mitigasi risiko, PRI membantu menyediakan lingkungan yang lebih stabil untuk investasi ke negara-negara berkembang, dan untuk membuka akses yang lebih baik dalam hal keuangan . Di sini jelas bahwa yang dicover dalam Asuransi Risiko Politik adalah akibat dari situasi politik terhadap bisnis. Maka, bukan politik itu sendiri yang diasuransikan, tetapi akibat dari situasi politik itu sendiri yang diasuransikan.

Industri asuransi menggunakan definisi dari Asuransi Risiko Politik sebagai asuransi yang mengkover:
1. Perubahan atau peralihan nilai mata uang
2. Expropiation
3. Kecurangan / kejahatan politik
4. Kegagalan kontrak yang disebabkan karena pemerintah
5. Obligasi keuangan yang tidak menghasilkan keuntungan

Di Indonesia, belum banyak perusahaan asuransi yang bermain di bidang asuransi politik. Pemain asuransi risiko politik saat ini hanya  PT Asuransi Himalaya Pelindung, PT Bintang General Insurance, dan Pool TS. Untuk diketahui, pertumbuhan asuransi risiko politik secara umum dalam 3 tahun terakhir masih rendah, yaitu pada 2008-2009 sebesar 10 persen naik sedikit dibanding tahun sebelumnya minus 7 persen, meski pada 2006-2007 pertumbuhannya sempat meningkat menjadi 18 persen.

Untuk mendalami Asuransi Politik, sebagai bahan referensi, saya menyarankan Anda membaca buku berformat PDF “Political Risk Insurance: An Industry in Search of a Business?” karya Raoul Ascari. Klik untuk mengunduh.

Semoga dengan membaca ini pengetahuan Anda akan semakin kaya.


By: Afrianto Budi P, SS MM

Previous Post
Next Post

post written by:

1 komentar:

  1. Jika ada materi yang lain silakan ditambahkan. Terimakasih *\(•ˆ⌣ˆ‎​​​​•)/*

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung. Silakan meninggalkan komentar, bertanya, atau menambahkan materi yang telah saya sediakan.