Senin, 04 Maret 2013

Soal AAMAI 304 Asuransi Kendaraan Bermotor

BAGIAN I

Jawab seluruhnya DELAPAN pertanyaan pada bagian ini. Seluruh pertanyaan memiliki bobot yang sama (equal marks). Dianjurkan menggunakan waktu max. 45 menit untuk mengerjakan Bagian I.


  1. Uraikan definisi perbuatan jahat dalam polisstandar asuransi kendaraan bermotor indonesia (PSAKBI)
  2. Sebutkan 3 ketentuan PSAKBI mengenai kewajibanmengungkapkan fakta
  3. Sebutkan 8 kategori kendaraan berdasarkanperaturan bapepam-LK nomor PER-04/BL/2011
  4. Uraikan isi automatic addition and deletionclause dalam asuransi kendaraan bermotor
  5. Uraikan 3 alasan mengapa tertanggung harusmengisi formulir laporan klaim kendaraan bermotor
  6. Uraikan 3 cara penyelesaian ganti rugi klaimkerugian sebagian menurut PSAKBI
  7. Sebutkan 6 pertanyaan dalam formulir klaimasuransi kendaraan bermotor yang berkaitan dengan peristiwa kerugian
  8. Uraikan 2 ketentuan mengenai berakhirnyapertanggungan dalam PSAKBI.



BAGIAN II

Jawablah EMPAT dari ENAM pertanyaan pada bagian ini. Apabila dijawab lebih dari 4 soal, maka yang akan dinilai hanyalah jawaban dengan urutan pengerjaan 1 sampai 4 tanpa memperhatikan nomer urut soal. Seluruh pertanyaan memiliki bobot yang sama (equal marks)


1.     Sebuah perusahaan jasa penyewaan kendaraan yang memiliki sejumlah kendaraan di seluruh kantornya yang berada di tiap ibu kota propinsi di Indonesia menginginkan penutupan Asuransi Kendaraan atas armada kendaraannya. Perusahaan tersebut ingin agar kendaraan perusahaan yang dijual maupun dibeli pastilah telah dijamin atau dikeluarkan dalam daftar pertanggungan. Selain itu, perusahaan tidak ingin direpotkan dengan masalah pertanggungan di bawah harga dan tuntutan tanggung jawab hukum apabila kendaraan yang diasuransikan ditabrak oleh kendaraan dari perusahaan afiliasinya.
Sebagai underwriter, Anda diminta atasan saudara untuk menganalisis risiko tersebut. Jelaskan informasi apa saja yang saudara perlukan dan buatkan surat penawaran asuransinya.

2.   Uraikan ketentuan PSAKBI tentang:
a.                   Pertanggungan rangkap
b.                  Perbedaan antara kerusuhan dengan huru-hara

3.       Tertanggung Anda meminta informasi mengenai penyelesaian sengketa melalui jalur arbitrase, jelaskan:


5.      Anda ditunjuk sebagai konsultan oleh sebuah perusahaan asuransi yang sedang berfokus pada bisnis asuransi ritel dengan produk utama asuransi kendaraan bermotor. Perusahaan menargetkan premi dari asuransi kendaraan terus tumbuh dalam 5 tahun ke depan. Anda diminta untuk membangun Departemen Layanan Pelanggan. Jelaskan dalam rencana Anda atas:
a.          Program komunikasi internal dan eksternal yang mencakup perantara (intermediaries) dan konsumen mereka, dan antar berbagai departemen termasuk underwriting dan klaim
b.                  Alasan seleksi risiko selama menjelang perpanjangan polis



Soal ini adalah soal ujian AAMAI di bulan Maret 2012. Soal ini cukup berbeda dengan soal September 2012, karena belum menggunakan kurikulum terbaru yang mencakup liability insurance. Meski demikian ini dapat dijadikan gambaran untuk ujian yang berkaitan dengan PSAKBI.


Regards,
Afrianto Budi P, SS, MM
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar:

Terimakasih telah berkunjung. Silakan meninggalkan komentar, bertanya, atau menambahkan materi yang telah saya sediakan.