Minggu, 15 September 2013

Imbas Penguatan Dolar, Premi Asuransi Kesehatan Naik



Metrotvnewws.com, Jakarta: Financial Officer Lippo Insurance, JM Agus mengatakan penguatan dolar terhadap rupiah berdampak pada kenaikan premi asuransi tahun depan. “Premi pasti akan naik karena dolar naik,” ujar Agus di Jakarta, Sabtu (14/9).

Ia juga mengatakan harga obat-obatan naik karena bahan bakunya mayoritas berasal dari impor. Menurutnya, hal tersebut berpengaruh pada besaran klaim asuransi terutama kesehatan.

“Tetapi kami sudah antisipsi. Kami selama ini sudah melakukan konsultasi dengan para broker dan juga nasabah yang bersangkutan,” ujar Agus.

Untuk kenaikan premi, Agus mengatakan hal itu bervariasi tergantung jenis tanggungan kesehatannya. Ia memperkirakan dengan kenaikan harga obat-obatan yang mencapai 30% maka akan ada kenaikan premi meskipun tidak sebanding.

Agus menjelaskan kenaikan premi tergantung dari tanggungan kesehatan yang ada. Sedangkan untuk kenaikan klaim sendiri Lippo Insurance selama dua hingga tiga tahun terakhir mengalami penurunan dari 80% menjadi 72% pada tahun ini. Namun, Agus memprediksi dengan kenaikan harga obat-obatan sekarang maka tahun depan klaim akan naik kembali ke angka 80%.

Pada Juli 2013, jumlah total premi Lippo Insurance mencapai Rp496 miliar. Jumlah tersebut 65%-nya merupakan premi dari lini kesehatan yaitu sebesar 33%. Sedangkan untuk sisanya merupkan premi dari kendaraan bermotor, properti, dan marine. (Aulia Putri Utami)

Sumber: Metrotvnews
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar:

Terimakasih telah berkunjung. Silakan meninggalkan komentar, bertanya, atau menambahkan materi yang telah saya sediakan.