Jumat, 04 Oktober 2013

Pertumbuhan Asuransi Didominasi Kendaraan Bermotor Hingga 30,2%

JAKARTA - Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) mencatatkan pangsa pasar asuransi umum pada semester pertama 2013 masih didominasi kendaraan bermotor. Kontribusi tersebut mencapai 30,2 persen, meskipun pertumbuhannya mengalami perlambatan.

"Asuransi umum masih didominasi kendaraan bermotor, tapi semester pertama pertumbuhannya diambil alih oleh properti. Jadi bisa disimpulkan pertumbuhan motor mengalami pelambatan," Kata Ketua Bidang Statistik, Informasi, Riset dan Analisa AAUI Budi Herawan di Kantor AAUI, Jakarta, Jumat (4/9/2013).

AAUI mencatat, kontribusi kedua di dominasi oleh pangsa pasar asuransi umum diikuti oleh Properti (harta benda) sebesar 29,4 persen. Selanjutnya, disusul kesehatan 7,1 persen, aneka 4,8 persen, dan kecelakaan 4,7 persen.

Meski pertumbuhan kendaraan bermotor mengalami perlambatan, namun Budi memperkirakan di semester II 2013 pertumbuhan asuransi umum masih akan didominasi oleh kendaraan bermotor.

Dia optimis, target pertumbuhan asuransi umum hingga akhir tahun sebesar 15 persen dapat tercapai dengan dukungan dari pertumbuhan kendaraan bermotor.

"Di Jawa Tengah, penjualan kendaraan bermotornya luar biasa, bahkan bisa saja menyusul DKI.
Kami optimis penjualan kendaraan bermotor yang besar ini membuat target pertumbuhan kami di akhir tahun tercapai," tutur Budi.

Budi mengatakan pihaknya memperkirakan pertumbuhan asuransi kendaraan bermotor pada semester II akan meningkat, meski pertumbuhan asuransi umum semester pertama 2013 masih 10,2 persen sehingga akan membantu pencapaian target pertumbuhan asuransi umum hingga akhir tahun.

Lebih lanjut, Budi menjelaskan dengan adanya pengadaan Mobil murah atau Low Cost Green Car (LCGC) juga menjadi pendukung pertumbuhan asuransi kendaraan bermotor ke depannya.

"Ini jadi peluang bagi AAUI agar angka 15 persen dapat dicapai," Ujarnya (kie) (wdi)

Sumber: Okezone
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar:

Terimakasih telah berkunjung. Silakan meninggalkan komentar, bertanya, atau menambahkan materi yang telah saya sediakan.