Sabtu, 26 Oktober 2013

Prospek Asuransi Ritel, Insurance Day 2013, dan Permanent Secretariat AIC

Pertumbuhan kelas menengah yang tinggi, pertumbuhan ekonomi yang tinggi serta politik yang relatif stabil, tampaknya mendorong kegiatan asuransi ritel di Indonesia semakin menggeliat. Hal ini ditambah dengan kesadaran berasuransi yang semakin luas di kalangan masyarakat, termasuk mereka yang berumur muda.
mendorong perusahaanperusahaan asuransi –baik itu asuransi jiwa (life insurance) maupun asuransi umum (non-life insurance atau general insurance)– untuk memasuki pasar ritel.
Dari beberapa eksekutif asuransi jiwa maupun asuransi umum yang termasuk dalam 15 terbesar dalam pendapatan preminya selama 2012, berdasarkan data Lembaga Riset Media Asuransi (LRMA), prospek asuransi ritel di Indonesia sangat bagus. Bahkan, ada beberapa asuransi jiwa yang sangat berkonsentrasi pada asuransi ritel ini, sehingga portofolio asuransi kumpulannya hanya sekitar satu persen –atau bahkan tidak mempunyai portofolio asuransi kumpulan sama sekali.
Dalam Editorial Meeting di Media Asuransi diputuskan “Prospek Asuransi Ritel di Indonesia” sebagai tema Cover Story atau Laporan Utama edisi Oktober 2013. Cover Story ini terbagi dalam empat bagian. Pertama, Prospek Asuransi Umum Ritel. Kedua, Prospek Asuransi Jiwa Ritel. Ketiga, Faktor Pendorong Pertumbuhan Asuransi Ritel. Keempat, Eksekutif Asuransi Bicara Prospek Asuransi Ritel. Selamat menikmati sajian kami.
                                                                                                                    ***
Setiap tanggal 18 Oktober, di 12 ibukota negara-negara kawasan Asia, dirayakan secara bersamaan Insurance Day. Termasuk tentunya Jakarta. Insurance Day 2013 bertema: “Selagi Kamu Muda, Mari Berasuransi”. Ini untuk kedelapan kalinya Insurance Day dirayakan secara bersama-sama di setidaknya 12 ibukota negara-negara Asia, yang dimulai pada 2006.
Christian Wanandi adalah Ketua Panitia Insurance Day 2013. Ia mengungkapkan tema dan kegiatan-kegiatan dalam rangka Insurance Day 2013. Wawancara dengannya dimuat dalam Special Report edisi Oktober 2013 Media Asuransi ini.
                                                                                                                    ***
Tahun 2013 mungkin bisa merupakan tahun yang paling berkesan dalam karir di industri asuransi Indonesia bagi Kornelius Simanjuntak – Ketua Umum Dewan Asuransi Indonesia (DAI), Ketua Umum Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), dan Chairman Asean Insurance Council (AIC). Karena, dalam tahun 2013 ini, setidaknya tiga organisasi asuransi tersebut menempati kantor baru dalam satu gedung di kawasan Kuningan, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta. Salah satunya adalah Permanent Secretariat AIC.
Wawancara lengkap dan panjang Media Asuransi dengan Kornelius Simanjuntak kami kemas dalam rubrik Interview with. Demikian beberapa sajian kami untuk Edisi Oktober 2013 ini.
Mucharor Djalil





 

Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar:

Terimakasih telah berkunjung. Silakan meninggalkan komentar, bertanya, atau menambahkan materi yang telah saya sediakan.