Rabu, 06 November 2013

Asuransi Mulai Merambah Usaha Kecil Menengah

Solopos.com, SOLO — Pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) makin terlihat seksi di mata lembaga keuangan. Setelah kalangan perbankan yang gencar menyalurkan kredit mikro, kini giliran lembaga keuangan nonbank salah satunya asuransi yang juga mulai garap sektor ini.

Branch Manager Asuransi Sinar Mas Solo, Didiet Hendro Bernadi, menyebutkan baru satu bulan ini Sinar Mas garap pasar UKM, salah satu nama produknya adalah Simas UKM. Sinar Mas mulai memberikan layanan asuransi untuk kredit tanpa agunan (KTA) yang banyak disalurkan kalangan perbankan kepada pelaku UKM. “Jadi untuk mem-back up kredit yang diberikan tanpa agunan itu kami sediakan asuransinya,” kata Didiet, kepada Solopos.com, Selasa (5/11/2013).

Lewat asuransi tersebut, peserta akan lebih aman jika terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) atau perusahaannya mengalami kerugian. Khusus untuk garap sektor ini, Sinar Mas akan menggandeng kalangan bank perkreditan rakyat (BPR). “Agar segmennya sesuai. Memang banyak bank umum yang juga garap sektor UKM, tapi untuk kali ini kami akan fokus kerja sama dengan BPR.”

Didiet mengatakan asuransi bagi kalangan UKM ini sudah ada yang mengakses. Tapi, sebagai produk baru pihaknya merasa perlu untuk sosialisasi terlebih dahulu. “Saat ini memang belum fokus. Kami akan coba perkenalkan dulu ke pasar dan penetrasi ke kalangan BPR.”

Selain Sinar Mas, PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia belum lama ini juga bekerja sama dengan PT Bank Danamon Indonesia memberikan solusi asuransi kepada pelaku UKM. Hadirnya solusi asuransi ini merupakan bagian dari program Solusi Usahaku, yang merupakan program solusi terintegrasi Danamon bagi pelaku UKM, sehingga para pelaku UKM bisa mendapatkan simpanan dana, solusi pinjaman, solusi jasa perbankan, dan solusi bancassurance dari satu tempat (one stop solution).
Kontribusi segmen UKM sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia sangat besar. Saat ini ada 55 juta unit UKM di Indonesia yang mampu memberikan kesempatan kerja kepada 15 juta orang setiap tahunnya. “Berdasarkan data ini, Danamon mendukung pertumbuhan UKM dengan menghadirkan layanan jasa keuangan yang komprehensif,” kata Direktur Consumer Banking Danamon, Michellina Triwardhany, dalam keterangan tertulis yang diterima Solopos.com, pekan lalu.
Melalui Solusi Usahaku, pelaku UKM mendapatkan akses terhadap lima produk asuransi dari Manulife Indonesia. UKM bisa mendapatkan perlindungan maksimal, baik untuk usaha, keluarga maupun karyawan. Produk-produk tersebut adalah Proteksi Prima Maxima, Proteksi Prima Rencana, Proteksi Prima Rencana Flexi , Proteksi Prima Emas, dan Proteksi Prima Sejahtera.

Chief Executive Officer dan President Director Manulife Indonesia, Chris Bendl, menambahkan pelaku UKM yang membutuhkan solusi asuransi bukan hanya untuk melindungi dirinya dan keluarga, namun juga para karyawannya.


Sumber: solopos
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar:

Terimakasih telah berkunjung. Silakan meninggalkan komentar, bertanya, atau menambahkan materi yang telah saya sediakan.