Jumat, 15 November 2013

Pasar Asuransi Mikro Indonesia Tumbuh Paling Cerah


Jakarta -Menurut hasil penelitian yang diterbitkan Munich Re Foundation dan GIZ, pertumbuhan pasar asuransi mikro di Indonesia termasuk yang paling cerah di antara negara-negara di kawasan Asia dan Oseania.

Menurut penelitian itu, pertumbuhan pasar mikro Indonesia pada tahun 2012 mencapai lebih dari 100 persen.

Namun Ketua Microinsurance Network Craigh Churchill mengatakan, pertumbuhan ini belum mampu meningkatkan penetrasi asuransi mikro di Indonesia. Saat ini, penetrasi asuransi mikro di Indonesia baru mencapai 1,3 juta penduduk dari 240 juta penduduk yang ada di Indonesia.
Langkah yang diperlukan untuk meningkatkan penetrasi tersebut dengan memperluas akses asuransi bagi penduduk berpenghasilan rendah.

"Jika penduduk berpenghasilan rendah tidak mampu mengelola risiko, maka mereka tidak akan bisa lepas dari rantai kemiskinan," jelas Churchill dalam acara 9th International Microinsurance Conference di Hotel Sultan, Selasa (12/11).

Menurut Churchill, dalam mengembangkan asuransi mikro tidak bisa hanya melibatkan pelaku industri, namun juga pemerintah. Pasalnya, pemerintah bisa menyatukan berbagai pemangku kepentingan, seperti industri asuransi, regulator, dan para donatur.

Sektor asuransi mikro yang menurut Churchill patut menjadi prioritas adalah kesehatan dan pertanian. Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Firdaus Djaelani mengungkapkan, saat ini OJK sedang mengembangkan konsorsium asuransi kelapa sawit.

"Kami perlahan akan mengembangkan sektor pertanian, yang saat ini sedang digarap adalah asuransi kelapa sawit,"tandasnya.

Firdaus menjelaskan, pihaknya juga sudah membentuk grand design tentang asuransi mikro. Di dalam grand design ini, asuransi mikro dijelaskan sebagai asuransi dengan premi rendah, yaitu 50.000 sekali penutupan, klaim mudah. Adapun masyarakat yang mendapatkan asuransi mikro adalah masyarakat berpenghasilan standar, yaitu Rp 2,5 juta per bulan.

Sumber: Beritasatu
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar:

Terimakasih telah berkunjung. Silakan meninggalkan komentar, bertanya, atau menambahkan materi yang telah saya sediakan.