Minggu, 15 Desember 2013

Pertumbuhan Asuransi Syariah Lampaui Konvensional

Metrotvnews.com, Jakarta: Pertumbuhan industri asuransi syariah ditargetkan sebesar 35% per tahun. Pertumbuhan premi asuransi syariah mencapai 43% di 2013. Ini lebih besar dibandingkan peningkatan pada asuransi konvensional yang berada di posisi 20%.

"Kami yakin pertumbuhan industri asuransi syariah tetap besar tahun depan," kata Muhammad Shaifie Zein, Ketua Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI), di Jakarta, Kamis (12/12). Angka pertumbuhan itu akan meningkat seiring kebijakan pemasaran produk asuransi syariah bagi agen bersertifikasi. Ini disebabkan pengetahuan masyarakat akan bertambah, berimbang, dan tanggung jawab.

Penyusunan modul kurikulum berada di AASI. Ini mempertimbangkan keterbatasan sumber daya manusia pada industri asuransi syariah. AASI menjalin kemitraan dengan Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) untuk program sertifikasi bagi tenaga penjual yang akan memasarkan produk asuransi syariah. Kerja sama AASI juga dijalin dengan Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI).

Menurutnya, industri asuransi syariah mewajibkan agen berlisensi untuk memasarkan produk asuransi syariah pada 1 Juli 2014. Pada 1 Januari 2014, agen berlisensi Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) diperbolehkan mempelajari modul industri asuransi syariah. Tidak perlu mengikuti ujian untuk mendapatkan sertifikasi.

Berdasarkan data AASI, agen asuransi syariah sebanyak 132.000 di 2013. Hingga kini, belum ada yang tersertifikasi. (Wibowo)

Editor: Wisnu AS
Sumber: Metrotvnews
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar:

Terimakasih telah berkunjung. Silakan meninggalkan komentar, bertanya, atau menambahkan materi yang telah saya sediakan.