Kamis, 10 April 2014

Asuransi Malaysia Siap Caplok Asuransi Indonesia


JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) tahun depan, perusahaan asuransi asal Malaysia mulai mengincar pasar Indonesia. Salah satu perusahaan asuransi yang tengah berusaha melakukan penetrasi ke pasar Indonesia adalah Tune Insurance Holding Bhd atau Tune Insurance.

Tune Insurance seperti dilansir dari The Sun Daily pada Jumat (4/4/2014) pekan lalu tengah melakukan upaya kedua untuk melakukan penetrasi ke pasar Indonesia. Tahun lalu, Tune insurance berencana untuk membeli 70 persen saham asuransi lokal PT Batavia Mitratama Insurance (BMI) setelah berhasil mendapatkan persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Namun perusahaan tersebut gagal mencapai kesepakatan pembelian.

Pemimpin Tune Insurance, Razman Hafidz Abu Zarim mengatakan pihaknya kecewa dengan batalnya kesepakatan dengan BMI. Untuk itu, perusahaannya saat ini tengah melakukan pembicaraan dengan perusahaan umum lainnya di indonesia dan berharap bisa mencapai kesepakatan pada tahun ini juga.

"Ini merupakan rencana B. Kami kecewa dengan tidak jadinya kerjasama dengan BMI, tapi ini tetap ada progres. Kami berharap bisa tercapai pada 2014," katanya.

Tune Insurance tetap yakin bisa mencapai rencana untuk mendapatkan lisensi asuransi umum di Indonesia dalam dua tahun dari penawaran umum perdana. Anak perusahaan dari Tune Money Sdn Bhd ini melakukan debut di Bursa Efek pada Januari 2013 lalu.

Mengenai rencana penetrasi perusahaan asuransi Malaysia tersebut ke pasar Indonesia, Deputi Komisioner Pengawasan Industri Keuangan Non Bank II OJK, Dumoly F. Pardede mengatakan pihaknya hingga Senin (7/4/2014) belum mendapatkan infomasi terkait rencana Tune Insurance tersebut.

Sekadar catatan, selain mengincar pasar Indonesia, Tune Insurance juga akan menyelesaikan pembelian 49 persen saham di Osotspa Insurance Public Company Ltd di Thailand. Saat ini prosesnya masih mengalami menunggu izin dari otoritas keuangan Thailand.

Tune Insurance sendiri merupakan perusahaan asuransi yang telah berdiri lebih dari 35 tahun dan telah memiliki 16 cabang jaringan nasional di Malaysia. Tune Insurance adalah asuransi umum yang menyalurkan produknya melalui agen, broker, dan direct clients dengan menyediakan beragam produk asuransi umum seperti Kebakaran, asauransi tenaga kerja asing, asuransi kesehatan, kendaraan bermotor, marine cargo. (Febrina Ratna Iskana)

Editor : Bambang Priyo Jatmiko
Sumber: Kontan, Kompas
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar:

Terimakasih telah berkunjung. Silakan meninggalkan komentar, bertanya, atau menambahkan materi yang telah saya sediakan.