Senin, 08 Mei 2017

Kisi-kisi ujian LSPP AAMAI September 2017

Dengan menulis judul 'Kisi-kisi ujian LSPP AAMAI September 2017' bukan berarti saya akan memberikan kisi-kisi soal AAMAI untuk ujian September 2017 besok lho...

Yang saya maksud dengan kisi-kisi adalah bagaimana cara belajar Soal Jawab AAMAI yang ada dalam buku buku yang saya buat (klik link ini). Jadi saya ngga akan kasih soal-soal prediksi yaa... hehe

Namun, sebelum saya masuk ke lebih dalam mengenai cara belajar Soal Jawab AAMAI, saya ingin mengulas beberapa 'mitos' yang mungkin pernah kita dengar, yaitu:

Tulis jawaban sebanyak-banyaknya, minimal habiskan 5 halaman (dari total 10 halaman) lembar soal. --> Ini benar, asalkan jawabannya memang betul ya... Nulis banyak kalau jawabannya ngalor ngidul juga sama saja. Intinya, soal bagian kedua (pilih 4 dari 6 soal) itu harus dijawab sekomprehensive mungkin. Komprehensive artinya penjelasan mengenai teori disertai contoh dan penerapan.

Soal akan berulang setiap tahun. Misal: Soal Ujian September 2017 biasanya akan mirip dengan soal ujian September 2016; Soal Maret 2017 akan mirip dengan soal Maret 2016. --> ini tidak benar. Pembuat soal AAMAI punya banyak bank soal, jadi mitos tersebut tidak perlu dipercayai.

Nah, kedua hal di atas tentu tidak boleh menjadi pegangan kita dalam menghadapi ujian AAMAI. Di tulisan ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara belajar Soal Jawab AAMAI yang ada dalam buku buku yang saya buat (klik link ini). Begini nih:

Di setiap soal, saya akan cantumkan di periode ujian mana saja soal itu pernah muncul. Semakin banyak soal itu muncul di 3 (tiga) tahun terakhir, berarti kemungkinan muncul kembali di ujian Anda mendatang akan semakin besar, daripada soal yang baru sekali muncul. 
 
Sejak 2012, AAMAI menggunakan kurikulum baru. Oleh karena itu, Anda perlu memfokuskan pada soal-soal dari tahun 2012 ke atas. Soal-soal tahun sebelumnya hanyalah sebagai referensi. 
 
Pastikan bahwa soal-soal yang membutuhkan penjelasan yang panjang dan lebar dipelajari dan diberikan porsi lebih untuk dipelajari. Soal-soal ini yang nantinya akan muncul pada bagian kedua dari soal-soal AAMAI. Soal-soal yang hanya membutuhkan jawaban singkat tentunya akan muncul di soal nomor 1-8 yang nilainya kecil.

Nah, sepertinya itu dulu tips dan trik untuk mempelajari Soal Jawab AAMAI secara efektif dan efisien. Semoga berhasil!
Previous Post
Next Post

post written by:

7 komentar:

  1. Kisi-kisi ujian LSPP AAMAI ini tidak hanya untuk ujian September 2017 mendatang yaa... 😎

    BalasHapus
  2. ada berapa modul yang harus di pelajari..???
    apakah kumpulan soal tsb disertai jawabannya..???
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada 8 bahan tetapi hanya 6 yang wajib lulus. Sebelum ambil 6 bahan itu, Anda harus lulus CGI terlebih dahulu. Setelah CGI lulus, harus ambil 101 dan 102 dulu sblm melangkah ke 103. Setelah ketiganya lulus, baru bebas milih bahan apa aja.

      Hapus
  3. Untuk buku pembahasan soal subjek 402 apakah ada?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo pak Agmin... Untuk materi tersebut belum tersedia pak. So sorry

      Hapus
  4. Bang, ada buku buat test CGI ga? Thanks yaa

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung. Silakan meninggalkan komentar, bertanya, atau menambahkan materi yang telah saya sediakan.