Selasa, 31 Desember 2013

Lembaga Sertifikasi Profesi Profisiensi AAMAI (LSPP AAMAI)

Mulai tahun 2014, Gelar profesi ujian Asuransi untuk gelar AAAIK dan AAIK sudah tidak diselenggarakan lagi oleh Asosiasi Ahli Manajemen Asuransi Indonesia (AAMAI),  namun akan diadakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Profisiensi AAMAI (LSPP AAMAI). Perubahan ini dapat dilihat di www.aamai.or.id atau www.lspp.aamai.or.id. Penyelenggaranya tetap sama, yaitu AAMAI, hanya mengambil bentuk yang berbeda.

Mengapa ada perubahan semacam ini? Hal ini sepertinya terjadi setelah disahkannya Standar Kompetensi Dasar untuk sertifikasi profesi di bidang asuransi oleh pemerintah yang digagas oleh Bpk Dr. Anton Lie dan kawan-kawan. Jelas bahwa gelar AAMAI yang sejak awal hingga tahun ini diraih bukanlah gelar sertifikasi namun hanya gelar keahlian. Dengan membentuk Lembaga Sertifikasi Profesi Profisiens, AAMAI menjawab kebutuhkan dunia asuransi untuk memiliki tenaga-tenaga yang tersertifikasi dan diakui dunia internasional.

Lalu apa bedanya ujian AAMAI dan ujian LSPP AAMAI? Asosiasi Ahli Manajemen Asuransi Indonesia (AAMAI) mulai tahun 2014   hanya menyelenggarakan ujian CGI (Certificate General Insurance) dan Sertifikat Lini Bisinis.

Ujian CGI berfungsi sebagai standar dasar/basic peserta untuk mengambil ujian LSPP AAMAI. Jadi hanya peserta yang telah/sudah lulus CGI  yang diperbolehkan  mengambil ujian LSPP AAMAI.  

Peserta yang wajib mengikuti ujian CGI adalah Peserta Baru dan Peserta Lama (peserta lama yang belum lulus 101 & 102 atau salah satu dari kedua subjek tersebut). Jadi, singkat kata, mata ujian LSPP AAMAI adalah materi yang sama yang diujikan di AAMAI 101 dan 102. Apakah modulnya sama? Sama!

Ujian CGI terdiri dari 2  subjek  yaitu Praktek Asuransi dan Hukum Asuransi.

Biaya ujian CGI meliputi :
Biaya pendaftaran         : Rp. 250.000 *
Biaya Subjek 101          : Rp. 200.000
Biaya Subjek 102          : Rp. 200.000
Total biaya CGI            : Rp. 650.000,-

* peserta lama tidak perlu membayar biaya pendaftaran lagi.

Untuk keterangan lebih lanjut, silakan komen di bawah.

Regards,
Afrianto Budi
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar:

Terimakasih telah berkunjung. Silakan meninggalkan komentar, bertanya, atau menambahkan materi yang telah saya sediakan.