Rabu, 30 Januari 2013

Soal Ujian AAMAI - 302 Asuransi Harta Benda


Berikut ini adalah Soal Ujian AAMAI - 302 Asuransi Harta Benda

Bagian I

Jawab seluruh Delapan pertanyaan pada bagian ini. Seluruh pertanyaan memiliki bobot yang sama. Dianjurkan menggunakan max.45 menit untuk mengerjakannya. (bobot 25%)

  1. Sebutkan 6 informasi penting yang biasanya diminta penanggung dalam surat permintaan penutupan asuransi untuk civil engineering completed risks.
  2. sebutkan 4 hal yang perlu dilaksanakan tertanggung atas mobil pemadam kebakaran yang dimilikinya yang biasanya diisyaratkan penanggung agar diskon premi dapat diberikan.
  3. uraikan 3 faktor penting awal terjadinya api dan yang mendukungnya dalam fire triangle.
  4. uraikan cara kerja dari stop loss reinsurance dari asuransi harta benda.
  5. sebutkan 7 physical security yang terkait dengan pelindungan terhadap pencuri yang harus diinformasikan pada laporan survey resiko untuk thief insurance.
  6. sebutkan 6 aktifitas yang dipertimbangkan underwriter sebelum pekerjaan konstruksi dimulai ketika melakukan assessment resiko construction insurance.
  7. Uraikan tujuan dari material damage warranty terkait dengan business interruption insurance.
  8. Sebutkan 4 contoh potensial moral hazard yang terdapat pada asuransi harta benda dan kepentingan keuangan.


Bagian II

Jawab empat dari enam pertanyaan pada bagian ini. Apabila dijawab lebih dari 4 soal, maka yang akan dinilai hanyalah jawaban dengan urutan pengerjaajn 1 sampai 4 tanpa memperhatikan nomor urut soal. Seluruh pertanyaan memiliki bobot yang sama (bobot 75%).

  1. pemerintah saat ini sedang menggiatkan pelaksanaan proyek pembangunan jalan sebagai langkah percepatan proyek infrastruktur dalam upaya untuk menekan dampak krisis ekonomi global.

Sehubungan dengan potensial hazards dalam pekerjaan konstruksi jalan, uraikan 8 faktor yang perlu dipertimbangkan oleh penanggung dalam proses akseptasi.

  1. Dalam kaitan dengan perlatan listrik yang pada umumnya digunakan tertanggung, jelaskan 4 masalah penting yang perlu diantisipaki penanggung atas penggunaan peralatan listrik tersebut pada asuransi kebakaran.

  1. Laporan survey resiko asuransi kebakaran  memberikan informasi tentang tingkat resiko dari suatu obyek asuransi yang menjadi pertimbangan penanggung dalam proses akseptasinya.

Jelaskan hal-hal yang perlu mendapatkan perhatian penanggung tekait dengan :
    1. Inception hazards
    2. Constributory factor

  1. Dalam penutupan business interruption untuk construction insurance, pada umumnya penanggung memerlukan data dan informasi secara rinci dari calon tertanggung.

Uraikan rincian data dan informasi yang terkait dengan :
    1. Book debts.
    2. Dampak dari loss of computer dan/atau software.
    3. Advance profit atau loss of rent juka turut dijamin.

  1. dalam kaitan dengan quota share insurance, jelaskan :
    1. dalam hal bagaimana quota share diperlukan
    2. Cara kerjanya berikut contoh perhitungan distribusi premi dan klaim.
    3. 2 perbedaannya dengan surplus reinsurance.

  1. Peraturan menteri keuangan No.124/PMK.010/2008 tanggal 3 september 2008 tentang penyelenggaraan Lini Usaha Asuransi Kredit dan suretyship dilengkapi dengan formulir asesment untuk pelaporan produk asuransi tersebut..

Sehubungan dengan analisis kepatuhan dan substantive yang terdapat pada formulir asesmen dimaksud, uraikan hal-hal yang perlu diinformasikan terkait dengan :
    1. perhitungan tarif imbal jasa (premi).
    2. Cadangan teknis.
    3. Proyeksi underwriting.


Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar:

Terimakasih telah berkunjung. Silakan meninggalkan komentar, bertanya, atau menambahkan materi yang telah saya sediakan.