Senin, 20 Oktober 2014

Perusahaan Asuransi Mobil Manakah Yang Terbaik?

Jakarta -Walaupun Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menetapkan batas bawah dan batas atas untuk premi asuransi mobil, persaingan antar-perusahaan asuransi mobil tetap saja sengit. Tiap perusahaan asuransi mobil menawarkan bonus-bonus yang dapat menarik minat konsumen untuk merapat.

Bagi konsumen, memilih perusahaan asuransi yang baik tidaklah mudah. Nama besar yang dimiliki perusahaan asuransi bukan jaminan bahwa pelayanannya akan memuaskan.

Nama besar saja tidak cukup membuat konsumen tertarik. Ada hal-hal lain yang wajib menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih perusahaan asuransi mobil yang terbaik. Karena itu, berikut ini kami sajikan tiga hal penting yang dapat menjadi tolok ukur dalam memilih perusahaan asuransi kendaraan terbaik, yakni finansial perusahaan, layanan, dan biaya.

1. Finansial Perusahaan

Hal pertama yang wajib Anda cek dari sebuah perusahaan asuransi kendaraan adalah kondisi keuangan perusahaan tersebut. Anda harus mengecek apakah sumber dana perusahaan tersebut adalah milik pribadi atau justru juga meminjam dari bank.

Walaupun memiliki nama besar dan gedung yang bagus, belum tentu kondisi keuangan perusahaan asuransi tersebut bagus. Kondisi keuangan yang tak bagus akan mempersulit Anda ketika akan meminta pembayaran klaim.

Salah satu cara termudah untuk mengecek kondisi keuangan suatu perusahaan asuransi adalah dengan melihat laporan keuangan tahunan perusahaan tersebut. Cara lainnya adalah dengan mengecek apakah tenaga underwriter-nya berkualitas atau tidak. Anda dapat mengetahui hal itu dari profil perusahaan tersebut.

2. Layanan

Hal kedua yang perlu Anda cek ketika akan memilih perusahaan asuransi kendaraan adalah mengenai layanan yang diberikan. Layanan perusahaan juga sangat krusial karena berhubungan dengan Anda pribadi, baik ketika akan mendaftar atau ketika akan melakukan klaim.

Namun, yang perlu diperhatikan adalah Anda jangan sampai menggeneralisasi bahwa perusahaan asuransi itu jelek hanya akibat salah satu karyawannya memberikan pelayanan yang buruk. Jangan sampai gara-gara satu karyawannya memberikan pelayanan jelek lalu Anda memberi cap bahwa perusahaan itu jelek.

Anda dapat menguji kualitas pelayanan perusahaan tersebut dari kecepatan dan kemudahan pelayanan, baik ketika akan membuat polis atau ketika melakukan klaim kecelakaan. Anda juga dapat mengecek mengenai kualitas pelayanan perusahaan asuransi dari komentar-komentar orang lain di Internet.

3. Biaya

Biaya ini masih terkait dengan poin nomor satu di atas. Apabila kondisi keuangan perusahaan tidak bagus, imbasnya adalah biaya polis asuransi yang sangat mahal.

Dalam laporan keuangan perusahaan asuransi Anda dapat melihat apakah perusahaan itu mengalami kerugian finansial atau tidak. Jika keadaan finansial perusahaan tersebut negatif, Anda akan mendapat harga polis yang cukup mahal dibandingkan dari perusahaan lain.

Salah satu cara untuk melihat kesehatan keuangan perusahaan asuransi adalah dengan melihat angka RBC (Risk Base Capital). Jika angka RBC-nya besar, berarti perusahaan tersebut dalam kondisi baik. Namun, jika RBC-nya kecil, bisa jadi kondisi perusahaan tersebut sedang tidak baik.

Sumber: Detik
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar:

Terimakasih telah berkunjung. Silakan meninggalkan komentar, bertanya, atau menambahkan materi yang telah saya sediakan.