Jumat, 15 Maret 2013

AAUI: Industri Asuransi Lokal Mampu Bersaing

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) mengatakan asuransi lokal tidak perlu khawatir dengan maraknya asuransi asing yang mulai tertarik menyasar pasar dalam negeri. 

Kepala Bidang Statistik, Teknologi Informasi, Riset dan Analisa AAUI, Budi Herawan, mengatakan industri dalam negeri masih kencang dan akan tumbuh dalam beberapa waktu ke depan. Untuk tahun ini saja banyak asuransi lokal yang tumbuh diatas 20 persen. Seperti Asuransi Sinar Mas dan asuransi lainnya. 

"Kalau kita lihat pasar indonesia itu unik dan hanya bisa dikerjakan oleh pemain dalam negeri, makanya asuransi lokal masih terus bertumbuh," katanya, di Jakarta, Jumat (15/3/2013).
Ia juga mengatakan sejumlah industri asuransi asing kerap gagal seperti Asuransi Allianz Utama yang gagal bertumbuh dengan baik. Bahkan asuransi lokal yang diakusisi asing, seperti PT Asuransi Jaya Proteksi yang diambil oleh Asuransi ACE INA International, juga belum bertumbuh secara signifikant. 

Mengenai permodalan juga menurutnya masih dapat ditangani dengan perkiraan modal dalam jangka panjang. Perusahaan lokal harus memaksimalkan premi sambil memaksimalkan laba dalam jangka panjang untuk menjaga likuiditas modal. 

"Jadi harus dijaga benar, jika dalam dua tahun growth-nya bagus maka perusahaan asuransi lokal bisa bertahan dalam dua tahun ke depan," katanya.

Ia sendiri memperkirakan pertumbuhan Premi Asuransi Umum akan mencapai 20 persen pada tahun ini.

Sumber: TribunNews
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar:

Terimakasih telah berkunjung. Silakan meninggalkan komentar, bertanya, atau menambahkan materi yang telah saya sediakan.