Minggu, 21 Oktober 2012

Insurance Day 2012: Asuransi Untuk Semua


Jakarta, AKADEMIASURANSI.org – Menyambut Hari Asuransi (Insurance Day) yang diperingati setiap 18 Oktober, Dewan Asuransi Indonesia (DAI) menyelenggarakan Insurance Day di sekitar kompleks TVRI Jakarta, Minggu (21/10/2012). Dalam acara ini digelar acara Fun Walk dan Fun Bike yang diikuti oleh berbagai perusahaan asuransi jiwa dan asuransi kerugian yang ada di Indonesia. Selain itu acara ini juga dimeriahkan oleh beberapa artis Ibu Kota seperti Princess dan Winda Idol.

Tahun ini Insurance Day mengangkat tema “Asuransi Untuk Semua”. Kornelius Simanjuntak, ketua DAI sekaligus ketua Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), menerangkan bahwa tema tersebut diusung dengan tujuan agar asuransi semakin menjangkau semua lapisan masyarakat.  “Upaya peningkatan kesadaran   masyarakat untuk  berasuransi  kiranya perlu terus dibangun  agar pada suatu saat nanti  asuransi akan menjadi suatu kebutuhan dan dibeli oleh masyarakat,” ujar Simanjuntak. 

Dalam sambutannya, Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengatakan, selama ini, industri asuransi telah turut serta meningkatkan pertumbuhan perekonomian di Indonesia. "Industri asuransi semakin berperan dalam menyejahterakan perekonomian Indonesia. Asuransi itu banyak memberikan manfaat baik secara individu, masyarakat, dan perekonomian negara," kata Agus saat memberikan sambutan. Agus berharap, kesadaran masyarakat Indonesia untuk berasuransi semakin tumbuh dan berkembang.

Nelly Husnayati, ketua pelaksana Insurance Day 2012, sekaligus wakil dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), mengungkapkan hal yang serupa. Nelly berharap, dengan adanya asuransi yang semakin murah dan terjangkau, masyarakat semakin tertarik untuk memiliki polis asuransi. “Asuransi kini semakin murah, maka semua orang Indonesia harus membeli asuransi”, ujarnya.

Sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat, Insurance Day kali ini dihadiri oleh beberapa komunitas, seperti komunitas sepeda onthel, jamu gendong, komunitas wartawan, karyawan TVRI, dan lain-lain. PT Asuransi Central Asia, PT Asuransi Jiwa Manulife, dan PT Prudential Life Insurance memberikan total 1000 polis asuransi kecelakaan diri dan demam berdarah kepada komunitas-komunitas tersebut.

Insurance Day yang diselenggarakan pada hari ini adalah Insurance Day yang keenam setelah pertama kali dideklarasikan pada konferensi anggota-anggota East Asian Insurance Congress (EAIC) pertengahan tahun 2006 di Brunei Darussalam, di mana ke-11 kota-anggota EAIC menyepakati tanggal 18 Oktober sebagai sebuah “Hari Asuransi” untuk diperingati oleh segenap anggota.


Reportase oleh: Afrianto Budi Purnomo (ACA)
Artikel ini juga saya posting di KOMPASIANA.com, klik ini untuk mengalihkan
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar:

Terimakasih telah berkunjung. Silakan meninggalkan komentar, bertanya, atau menambahkan materi yang telah saya sediakan.